Hasil Print Epson R230 Kosong


Pengalaman dari My Lovely Printer ini satu pengalaman yang cukup mahal. Karena untuk solve masalah ini menyita banyak waktu (nanya orang berpengalaman, surfing di internet etc).

Printerku sayang kali ini ngadat setelah di pakai mencetak 540 jilid buku dalam waktu 24 jam. Setelah proyek selesai; printer mo dipakai mencetak foto, tapi lampu indikator tinta dan kertas tiba-tiba nyala. Benaku langusng ke CD software download-an, nyari adjustment program untuk R230, printerpun diRESET dan katanya sudah ok. memang sudah ok.

Printer dihidupkan kembali, blinking solved. Alhamdulillah ujarku berarti masalah selesai karena memang printer hidup layaknya sebuah printer yang normal saja. tapi ketika nozle check nggak ada hasilnya (kertas kosong dan kembali kosong seperti kita setelah ber idul fitri). pikirku ah.. ini biasa, mungkin tintanya belum turun clean sekali, clean dua kali printerpun terus di clean bahkan nozle headpun di bersihkan pake bayclean. dihisap sudah, disemprot sudah dilem biru yang nggak.

Browsing kesana kemari di internet nggak nemu-nemu artikel yang dapat menyelesaikan masalah. I lalu sampai pada satu titik terhenyak di kursi dengan kepala bersandar dan pikiran berputar menjelajahi pengalaman dan pengetahuan, Alhamdulillahnya lagi ketika ingat printer C90 yang bermasalah dan minta diganti Fuse/ sekringnya. Browsing internet lagi nyari fuse atau setidaknya gambar fuse untuk R230; gambar sih banyak tapi letak dan posisi pada mainboard R230 nggak ada. pada satu artikel sebuah mainboard printer CX…. ada artikel yang menandai fuse dengan kode F. (terimakasih pada yang mempostingkan artikel ini karena memang ini yang menjadi kuncinya.

Jadi kalau anda mengalami masalah seperti ini; printer R230 hidup seperti normal; head, nozle head tidak tersumbat, tapi ketika dipakai mencetak sesuatu hasilnya kosong, terpaksa anda harus melakukan:

Ganti saja salah-satu atau kedua fuse/ sekring pada mainboard printer anda! kalau tidak ada fuse/ sekring, dijumper saja pakai satu lembar kabel yang kecil (sebab yang namanya fuse/ sekring itu harus putus apabila ada masalah yang harus membuat fuse/ sekring putus secara otomatis).

Cara mengganti fuse/ Sekring mainboard R230 adalah sebagai berikut:

  1. pertama sekali baca basmalah karena yakinlah Rabb yang akan menyelesaikan semua masalah
  2. Buka penutup/ casing printer
  3. Buka tempat penyimpan kertas (bautnya ada 4, perhatikan dengan seksama jangan sampai membuka baut yang nggak perlu)
  4. Tarik penyimpan kertas kebelakang dengan hati-hati karena ada bagian yang berhubungan dengan bagian penarik kertas
  5. Cabut semua kabel yang terhubung dengan mainboard karena fuse/ sekring menempel pada kedua sisi mainboard tersebut
  6. Setelah mainboard kita cabut saatnya mengganti salah-satu atau kedua fuse/ sekring yang kita cari. Salah-satu apabila kita mempunyai multi tester dan ganti keduanya apabila kita tak tahu yang mana yang putus. dan jumper (sambungkan kedua ujung fuse) saja apabila kita tidak punya fuse pengganti.
  7. Fuse/ sekring pada mainboard R230 ditandai dengan huruf F, F1 dan F2 ada di dua sisi mainboard.
  8. Apabila sudah selesai pasang kembali dengan teliti dan hati-hati, dan insya-Allah masalahnya akan tertanggulangi.
  9. Setelah semuanya selesai jangan lupa ucapkan hamdalah, karena Rabb lah yang telah melimpahkan segala ilmu dan kebaikan bagi kita semua.
About these ads

1 Comment (+add yours?)

  1. agus
    Nov 03, 2011 @ 11:23:42

    f1 dan f2 itu ada jualan ga…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: